Header Ads

RPP semstr Genap kelas 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 4.1)

Satuan Pendidikan   : MTs NW Boro’Tumbuh
Kelas/Semester         : VII/2
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadis
Topik                          : SIKAP TOLERANKU MEWUJUDKAN KEDAMAIAN
Pertemuan ke -         : 1 - 2
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit (2 X Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.4 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
2.4 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), S.al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Memahami isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
          dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.4.1  Meyakini pentingnya sikap tasamuh
2.4.1  Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1  Membaca QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
3.4.2  Menerjemahkan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
3.4.3  Menjelaskan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi
3.4.4  Mengaitkan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dengan fenomena kehidupan

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu :
1.    Membaca QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
2.    Menerjemahkan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
3.    Menjelaskan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi
4.    Mengaitkan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dengan fenomena kehidupan

E.       Materi Ajar
1)      Fakta
§  Pengertian toleransi dan fanatime
2)      Konsep
§  Isi kandungan QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
§  Isi kandungan hadis tentang toleransi riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
3)      Prosedur
§  Membaca, menulis, menerjemah, menghafal dan menjelaskan isi kandungan QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
§  Membaca, menulis, menerjemah, menghafal dan menjelaskan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA :
 (خَيْرُ الأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ)
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik :
 (وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ)

F.       Metode Pembelajaran
1)      Pendekatan   : Scientific
2)      Model           : PBL dan direct instruction

G.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
A. Orientasi
    Guru mengucapkan salam, mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas.
B. Apersepsi
    Guru memberikan pernyataan dan pertanyaan seputar materi  yang akan dipelajari
C. Motivasi
Siswa diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari materi tentang keterkaitan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dengan fenomena kehidupan dan fanatik yang akan dipelajari
D. Pemberian Acuan
1)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2)      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
3)      Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
10 menit
Inti
Mengamati
1)      Peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan toleransi dan kerukunan hidup yang diberikan guru
2)      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan.
3)      Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
4)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

Mempertanyakan
5)      Peserta didik bertanya jawab tentang fenomena toleransi dan fanatic hasil pengamatannya.
6)      Peserta didik membaca surat QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah.
7)      Peserta didik bertanya jawab tentang makna QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
Mengeksplorasi
8)      Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “bukalah wawasanmu”
9)      Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
Mengasosiasikan
10)  Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “bukalah wawasanmu”
11)  Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
12)  Peserta didik menyimpulkan pengertian toleransi dan fanatik
13)  Peserta didik menyimpulkan isi kandungan QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
Mengkomunikasikan
14)  Peserta didik membaca,menerjemahkan dan menjelaskan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
15)  Peserta didik menjelaskan pengertian toleransi dan fanatik.
60 menit
Penutup
a.       Guru membuat simpulan tentang materi ajar.
b.      Guru mengadakan evaluasi.
c.       Peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
d.      Guru menugaskan peserta didik mencari materi tambahan tentang toleransi dan fanatik dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi.
e.       Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
10
menit

Pertemuan ke-2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
A. Orientasi
    Guru mengucapkan salam, mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas.
B. Apersepsi
    Guru memberikan pernyataan dan pertanyaan seputar materi  yang akan dipelajari
C. Motivasi
Siswa diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari materi tentang toleransi dan fanatis yang akan dipelajari
D. Pemberian Acuan
1)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2)      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
3)      Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
10 menit
Inti
Mengamati
1)      Peserta didik mengamati lembar diskusi kelompok dan mendengarkan pengarahan guru tentang”Toleransi dan fanatisme dua sikap yang harus kita miliki dengan porsi seimbang, sehingga kita dapat meneladani sikap Rasulullah SAW dan para sahabatnya yang sukses membawa Islam pada puncak kejayaan dengan kedua sikap tersebut”.
2)      Seluruh kelompok diminta untuk menemukan peristiwa toleransi dan fanatisme yang terjadi nyata di dunia ini
Mempertanyakan
3)      Peserta didik bertanya jawab tentang fenomena toleransi dan fanatic hasil pengamatannya.
4)      Peserta didik mendiskusikan kritik kasus hasil temuannya
Mengeksplorasi
5)      Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “bukalah wawasanmu” dan sumber lainnya.
6)      Setiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas dengan rapi
Mengasosiasikan
7)      Setiap kelompok meletakkan hasil kerjanya di atas mejanya.
8)      Setiap kelompok berputar untuk mengamati hasil diskusi kelompok lain.
9)      Setelah selesai, tiap kelompok kembali ke tempatnya masing-masing.
Mengkomunikasikan
10)  Guru meminta tiap kelompok memberikan komentar tentang persamaan dan perbedaan hasil diskusi antara kelompoknya dengan kelompok lain.
11)  Guru meminta pendapat dari peserta didik secara jujur, kelompok mana yang paling baik hasil diskusinya.
12)  Guru mengakhiri kegiatan diskusi dengan memberikan semangat dan menghargai semua usaha peserta didik
60 menit
Penutup
a.       Guru membuat simpulan tentang materi ajar.
b.      Guru mengadakan evaluasi.
c.       Peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
d.      Guru menugaskan peserta didik mencari materi tambahan tentang toleransi dan fanatik dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi.
e.       Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit


H.      Alat dan Sumber Belajar
Media:
§  Berita media massa
§  Audio/visual
Sumber:
§  Kitab hadts Jami’ as-Shogir dan terjemahanya
§  Buku paket siswa dan guru Al-Qur’an Hadis kls VII

I.         Penilaian
1)   Jenis/teknik penilaian
§  Kompetensi Sikap: Observasi
§  Kompetensi Pengetahuan: Tes Tulis dan Lisan
§  Kompetensi Keterampilan: Unjuk Kerja

2)   Bentuk Instrumen :
  1. Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1

















2

















3

















Dst

















Keterangan:
·         BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, skor 1.
·         MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten, skor 2.
·         MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguhsungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten, skor 3.
·         MK( membudaya) jika menunjukkkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten, skor 4.
b.      Kompetensi Pengetahuan:
Soal Tes Tulis :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Aku yakin Allah sangat menyukai orang-orang yang berbuat baik pada sesamanya


2
Aku sadar bahwa perilaku toleranku pada orang lain akan berdampak pada terwujudnya kedamaian


3
Aku yakin sikap toleransi kepada orang non muslim tidak akan berdampak buruk, asal dengan batas-batas tertentu


4
Aku sadar ternyata pertikaian antar pelajar akhir-akhir ini disebabkan kurangnya sikap toleran di antara mereka


5
Aku yakin Allah pasti memberi pahala kebaikan hamba terhadap tetanggaNya




c.       Kompetensi Keterampilan:
Format Penilaian berdiskusi kelompok tentang toleransi dan fanatik:
SIKAP
KASUS
KRITIK KASUS
Toleransi







Fanatisme







a.    Format Penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P





































 
 




















Mengetahui,                                                                                          Boro’Tumbuh,   Januari 2016
Kepala MTs. NW Boro’Tumbuh                                                               Guru Mata Pelajaran



Drs. TAJUDDIN                                                                                                                  ZAINUL MUTTAQIN, S. Pd. I  i
NIP :                                                                                                                                       NIP :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.