Header Ads

Bahas UAMBN 2020 Materi QS Al-'Alaq



SURAT AL-ALAQ
TENTANG  MENUNTUT  ILMU

Menuntut ilmu adalah salah satu kewajiban bagi setiap orang Islam selama hayat masih dikandung badan. Sikap disiplin mutlak diperlukan dalam meraih cita-cita. Selain disiplin, penguasaan terhadap ilmu dan teknologi juga menjadi kunci untuk mencapai tingkat kemajuan. Hanya bangsa yang disiplin serta manguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu mencapai kemajuan. Oleh sebab itu, barang siapa menghendaki kemajuan, ia harus memiliki sikap disiplin dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat islam. Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa, ditentukan oleh tinggi rendahnya ilmu pengetahuan yang dimiliki warga negaranya. Oleh karena itu Nabi bersabda
Artinya :
“Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap orang muslim”... (HR. Ibnu Majah).

Begitu juga seseorang bila menghendaki sesuatu pekerjaan (urusan) itu sukses, maka kuncinya terletak pada ilmu yang dimilikinya. Sebagaimana sabda Nabi :
Artinya :
“Barangsiapa yang ingin menguasai dunia, maka baginya wajib memiliki ilmu, dan barangsiapa yang ingin menguasai akherat, wajib baginya berilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akherat) maka wajiblah baginya memiliki ilmu”.
Dengan ilmu pula Nabi Sulaiman AS. Akhirnya bisa menguasai Ratu Bilqis dengan kerajaan Sabaknya.

Lafal QS Al-'Alaq Ayat 1-5
 Asbabun Nuzul

Asbabun nuzul Q.S. Al-Alaq adalah berkaitan dengan  turunnya wahyu yang pertama dimana beliau sedang berhalwat di Gua Hira, pada suatu saat, datanglah malaikat Jibril dan memerintahkan agar beliau membaca, tapi beliau tidak bisa membaca, kemudian malaikat kembali berkata, “bacalah!” beliau menjawab, “ aku tidak pandai membaca “ setelah tiga kali beliau menjawab seperti itu, kemudian malaikat membacakan Q.S.Al-Alaq ayat  1 – 5 .

Penjelasan Ayat


  • Ayat 1, berisi tentang perintah tegas kepada Rasulullah saw untuk membaca. Perintah membaca   berarti  perintah untuk belajar dan menuntut lmu yang  meliputi  ayat-ayat qauliyah dan ayat-ayat   kauniyah.
  •   Ayat 2, Allah swt menyatakan bahwa manusia dicipta dari alaqah (segumpal darah) . Lebih lanjut, tentang asal kejadian manusia dijelaskan oleh Allah dalam surat al-Mukminun ayat 12 -14.
         Secara rinci asal kejadian manusia melalui proses sebagai berikut :
1.      Penciptaan manusia dimulai dari saripati tanah. Setelah sel telur dibuahi dengan sperma, jadilah nutfah (zigot)
2.      Proses selanjutnya, zigot tersebut menjadi alaqah.
3.      Proses berikutnya, dari alaqah yang menempeldi dinding rahim perempuan berubah menjadi lahma
4.      Lahma kemudian berubah menjadi tulang yang kemudian dibungkus dengan daging, sehingga terbentuklah janin.

  • Ayat 3, yaitu perintah membaca ( belajar ), sebagai  penegasan bahwa Allah Maha Mulia
  •  Ayat 4, menjelaskan bahwa  Allah swtmengajar manusia dengan pena. Pena adalah benda mati dan beku, tapi setelah digunakan manusia dapat dipahami secara jelas oleh orang lain. 
  • Ayat 5, menjelaskan bahwa Allah swt mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui. 


Wallahu'alam
Wassalamu'allaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.