Header Ads

Dakwah dan Problematikanya dalam QS Al_Lahab


ISTIQAMAH KUNCI KEBERHASILAN
DAKWAH DAN PROBLEMATIKANYA
Pengertian
Dakwah berasal dari kata bahasa Arab دَعَا – يَدْعُو - دَعْوَةٌ yang berarti menyeru. Jadi dakwah menurut bahasa, berarti ajakan, seruan dan panggilan. Sedangkan menurut istilah dakwah berarti setiap kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak, dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah swt, sesuai garis akidah, syariat, dan akhlak Islamiah. Orang yang berdakwah disebut DA’I. sedangkan yang menjadi obyek dakwah disebut MAD’U.
Selain kata dakwah, kita juga mengenal kata tablig. Menurut istilah tablig berarti penyampaian. Sedangkan menurut istilah tablig berarti menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada ummat manusia untuk dijadikan sebagai pedoman hidup dan dilaksankan agar memperoleh kebahagiaan dunia dan kaherat. Orang yang bertablig disebut MUBALLIG.
Dakwah menurut Surat An-Nahl ayat 125
ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ
“ Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”
Metode Dakwah menurut surat an-nahl ayat 125
  1.      Dakwah bil hikmah (dengan bijaksana) artinya perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dan bathil.
  2.      Dakwah bil-mauizatil hasanah artinya dakwah dengan memberikan nasihat yang baik.
  3.      Dakwah bil-jidal artinya dakwah secara dialogis. Dakwah Al Jidal / Mujadalah artinya berkelompok. Jadi, dakwah bil Jidal artinya berdakwah dengan cara berdiskusi atau membentuk sebuah forum sendiri dgn nama / sebutan tertentu, misal : majelis ta'lim, bahtsul masail, dan lain sebagainya
  4.      Dakwah bil-hal. Artinya dakwah dengan perbuatan atau tingkah laku.
Problematika dakwah

Problematika dakwah berarti masalah-masalah yang muncul atau dihadapai dalam melakasankan dakwah. Secara garis besar problematika dakwah dapat dikelompokkan menjadi dua macam.
  1.      Problem intern berarti yang bersal dari dalam diri pendakwah
Contoh
a.      Kurangnya persiapan terhadap materi yang mau disampaikan
b.     Kondisi fisik kurang sehat sehingga tampak kurang bersemangat
c.      Kondisi mental kurang siap
d.     Tidak menguasai metode dakwah yang baik sehingga penampilannya kurang menarik perhatian obyek dakwah
e.      Tidak mengetahui kondisi obyek dakwah, misalnya taraf berfikirnya, tingkat pengetahuan agamanya, kebutuhan obyek dakwah.

  2.      Problem Ektern artinya masalah-masalah yang berasal dari luar diri dai.
Contoh
a.      Kemauan yang lemah dari obyek dakwah sehingga terkesan tidak merasa butuh dan cenderung mengabaikan
b.     Keadaan lingkungan yang kurang mendukungbagi terlaksananya dakwah.
c.      Pengaruh media masa yang cenderung negative
d.     Makin merajalelanya penyalahgunaan alat komunikasi
e.      Makin maraknya pelanggaran hokum sehingga masyarakat kecewa

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.