Header Ads

Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 


B. Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan  Budi Pekerti Padpraktiknya,  pembelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  dan   Budi Pekerti ditujukan untuk:

 

1.    memberikan   bimbinga kepada   pesert didi agar     mantap spiritual, berakhlak mulia, selalu menjadikan kasih sayang dan sikap toleran sebagai landasan dalam hidupnya;

 

2.    membentuk peserta didik agar  menjadi pribadi yang memahami dengan baik  prinsip-prinsip agama Islam terkait akhlak mulia, akidah yang benar (‘aqīdah ṣaīḥah) berdasar paham ahlus sunnah wa jamā`ah syariat,   dan    perkembanga sejarah   peradaban Islam, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hubungannydengan sang pencipta, diri   sendiri, sesama warga  negarasesama  manusia,  maupun  lingkungan  alamnya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

 

3.    membimbing  peserta  didik  agar   mampu  menerapkan  prinsip- prinsip Islam dalam berfikir sehingga benar, tepat, dan  aridalam menyimpulkan sesuatu dan  mengambil keputusan;


 

 

4.    mengkonstruksi  kemampuan  nalar  kritis  peserta  didik  dalam menganalisa perbedaan pendapat sehingga berperilaku moderat (wasaiyyah) dan  terhindar dari  radikalisme ataupun liberalisme;

 

5.    membimbing  peserta  didik  agar   menyayangi  lingkungan  alam sekitarnydan   menumbuhkan  ras tanggung jawabnya sebagai khalifah Allah di  bumi. Dengan demikian dia  aktif dalam mewujudkan upaya-upaya melestarikan dan  merawat lingkungan sekitarnya; dan

 

6.    membentuk peserta didik yang menjunjung tinggi nilai  persatuan sehingga dengan demikian dapat menguatkan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah basyariyyah), persaudaraan seagama (ukhuwwah Islāmiyyah), dan juga  persaudaraan sebangsa dan senegara (ukhuwwah waaniyyah) dengan segenap kebinekaan agama, suku dan  budayanya.

 

C. Karakteristik   Mata   Pelajara Pendidikan   Agama   Islam   dan    Budi

 

Pekerti

 

Pendidikan  Agam Islam      dan      Budi      Pekerti     mencakup     elemen keilmuan yanmeliputi (1) Al-Qur’an-Hadis, (2) Akidah, (3) Akhlak, (4) Fikih,  dan  (5)  Sejarah Peradaban Islam.

 

Elemen-Elemen  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  dan   Budi

 

Pekerti.

 

Elemen

Deskripsi

Al-Quran dan

Hadis

Pendidikan Agama Islam dan  Budi Pekerti menekankan kemampuan baca dan  tulis   Al-Qur’an dan     hadis    dengan    baik     dan     benar.    Ia      juga mengantar peserta didik dalam memahami makna secara tekstual dan  kontekstual serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam dan  Budi Pekerti juga menekankan cinta dan  penghargaan tinggi kepada Al-Quran dan   Hadis Nabi sebagai pedoman hidup utama seorang muslim.

Akidah

Berkaitan dengan prinsip kepercayaan yang akan mengantarkan peserta didik dalam mengenal Allah, para  malaikat,  kitab-kitab  Allah,  parNabi  dan Rasul, serta memahami konsep tentang hari   akhir serta  qadā’  dan   qadrKeimanan  inilah  yang kemudian menjadi landasan dalam melakukan amal saleh, berakhlak mulia dan  taat  hukum.


 

 

 

Akhlak

Merupakaperilaku yang menjadi buah dar ilmu dan  keimanan. Akhlak akan menjadi mahkota yang mewarnai keseluruhan elemen dalam Pendidikan Agama Islam dan  Budi Pekerti. Ilmu  akhlak mengantarkan peserta didik dalam memahami pentingnya akhlak mulia pribadi dan  akhlak sosial, dan  dalam membedakan antara perilaku baik (mamūdah) dan  tercela (mażmūmah). Dengan memahami perbedaan ini, peserta didik bisa menyadari  pentingnymenjauhkan  dir dari perilaku tercela dan  mendisiplinkan diri  dengan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari baik dalam konteks pribadi maupun sosialnya. Peserta didik juga  akan memahami pentingnya melatih (riyāḍah), disiplin (tahżīb) dan  upaya sungguh- sungguh dalam mengendalikan diri  (mujāhadah). Dengan  akhlak,  peserta  didik  menyadari  bahwa landasa dari     perilakunya,   baik     untu Tuhan, dirinya  sendiri,  sesammanusia  da alam sekitarnya adalah cinta (maabbah). Pendidikan Akhlajug mengarahkan  mereka  untuk menghormati dan  menghargai sesama manusia sehingga tidak ada  kebencian atau  prasangka buruk ata perbedaan  agama atau   ras   yang ada.   Elemen akhlak  ini   harus  menjadi  mahkota    yang    masuk pada semua topik bahasan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan  Budi Pekerti, akhlak harus menghiasai keseluruhan konten dan  menjadi

Elemen

Deskripsi

 

buah dari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan

Budi Pekerti .

Fikih

Merupakainterpretasi  ata syariat.  Fikih merupakan aturan hukun yang berkaitan dengan perbuatan manusia dewasa (mukallaf) yang mencakup ritual atau   hubungan dengan Allah Swt. (ubudiyyah)  da kegiatan  yanberhubungan dengan  sesama  manusi(muāmalah).  Fikih mengulas berbagai pemahaman mengenai tata  cara pelaksanaan  dan    ketentuan  hukum  dalam  Islam serta  implementasinya  dalam  ibadah  dan muāmalah.

Sejarah

Peradaban Islam

Menguraikan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia dalam membangun peradaban dari masa  ke   masa.  Pembelajaran  Sejarah  Peradaban Islam  (SPI)  menekankan  padkemampuan mengambil hikmah dari  sejarah masa lalu, menganalisa  pelbagai  macaperistiwa  dan menyerap berbagai kebijaksanaan yang telah dipaparkan oleh  para generasi terdahulu. Dengan refleksi atas  kisah-kisah sejarah tersebut, peserta didik  mempunyai  pijakan  historis  dalam menghadapi permasalahan dan  menghindari dari terulangnya  kesalahan  untuk  massekarang maupun masa depan. Aspek ini akan menjadi keteladanaan (‘ibrah) dan  menjadi inspirasi generasi penerus    bangsa    dalam    menyikap    dan menyelesaikan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek, seni, dan  lain-lain dalam rangka membangun peradaban di  zamannya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.