Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
B. Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
Pada praktiknya, pembelajaran Pendidikan Agama
Islam
dan Budi Pekerti ditujukan untuk:
1. memberikan bimbingan kepada peserta didik agar mantap spiritual, berakhlak mulia,
selalu menjadikan
kasih sayang dan sikap toleran sebagai landasan dalam hidupnya;
2. membentuk peserta didik agar
menjadi pribadi yang memahami
dengan baik
prinsip-prinsip agama
Islam terkait
akhlak mulia, akidah yang benar (‘aqīdah ṣaḥīḥah) berdasar paham ahlus sunnah wal jamā`ah, syariat, dan perkembangan sejarah peradaban Islam, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hubungannya dengan sang pencipta, diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia, maupun lingkungan
alamnya
dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
3. membimbing
peserta
didik agar mampu
menerapkan
prinsip- prinsip Islam dalam berfikir sehingga benar, tepat, dan
arif dalam menyimpulkan sesuatu dan mengambil keputusan;
4. mengkonstruksi kemampuan nalar
kritis
peserta
didik dalam menganalisa perbedaan pendapat sehingga
berperilaku moderat (wasaṫiyyah) dan
terhindar dari radikalisme ataupun liberalisme;
5. membimbing
peserta didik
agar menyayangi lingkungan
alam sekitarnya dan menumbuhkan rasa tanggung jawabnya sebagai
khalifah Allah di
bumi. Dengan demikian dia
aktif dalam mewujudkan upaya-upaya melestarikan dan merawat lingkungan
sekitarnya; dan
6. membentuk peserta didik yang menjunjung tinggi nilai persatuan sehingga dengan
demikian dapat menguatkan persaudaraan
kemanusiaan (ukhuwwah
basyariyyah), persaudaraan seagama (ukhuwwah Islāmiyyah), dan juga persaudaraan sebangsa dan senegara (ukhuwwah waṫaniyyah) dengan segenap
kebinekaan agama, suku dan budayanya.
C. Karakteristik Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi
Pekerti
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup elemen
keilmuan yang meliputi (1) Al-Qur’an-Hadis, (2) Akidah, (3) Akhlak, (4) Fikih, dan (5)
Sejarah Peradaban Islam.
Elemen-Elemen Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan
Budi
Pekerti.
Elemen |
Deskripsi |
Al-Qur’an dan Hadis |
Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan baca dan tulis
Al-Qur’an dan hadis dengan baik
dan benar. Ia juga mengantar peserta didik dalam
memahami makna secara
tekstual dan kontekstual serta mengamalkan kandungannya dalam
kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti juga menekankan cinta dan penghargaan tinggi kepada Al-Qur’an dan Hadis Nabi sebagai pedoman hidup
utama seorang muslim. |
Akidah |
Berkaitan dengan prinsip
kepercayaan yang akan mengantarkan peserta didik dalam
mengenal Allah, para malaikat, kitab-kitab Allah,
para Nabi
dan Rasul, serta memahami konsep tentang hari akhir
serta qadā’ dan qadr. Keimanan
inilah yang kemudian menjadi landasan dalam melakukan amal saleh, berakhlak mulia dan
taat
hukum. |
Akhlak |
Merupakan
perilaku yang menjadi buah dari ilmu dan keimanan. Akhlak akan menjadi mahkota yang mewarnai keseluruhan elemen dalam Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti. Ilmu
akhlak mengantarkan peserta didik dalam
memahami pentingnya akhlak mulia pribadi dan akhlak sosial,
dan dalam membedakan antara perilaku baik (maḥmūdah) dan tercela (mażmūmah). Dengan memahami perbedaan ini, peserta didik bisa menyadari pentingnya menjauhkan diri dari perilaku tercela
dan mendisiplinkan diri dengan perilaku mulia
dalam kehidupan sehari-hari baik dalam konteks pribadi maupun sosialnya. Peserta didik juga akan memahami pentingnya melatih (riyāḍah), disiplin (tahżīb) dan upaya sungguh- sungguh dalam
mengendalikan diri (mujāhadah). Dengan akhlak,
peserta
didik
menyadari bahwa landasan
dari perilakunya, baik untuk Tuhan, dirinya sendiri, sesama manusia dan alam sekitarnya adalah cinta (maḥabbah). Pendidikan Akhlak juga mengarahkan mereka
untuk menghormati dan
menghargai sesama manusia sehingga tidak ada kebencian atau
prasangka buruk atas
perbedaan agama atau
ras yang ada.
Elemen akhlak
ini
harus menjadi
mahkota yang
masuk pada semua
topik bahasan pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, akhlak harus menghiasai keseluruhan konten dan menjadi |
Elemen |
Deskripsi |
|
buah dari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . |
Fikih |
Merupakan interpretasi
atas
syariat.
Fikih merupakan aturan hukun yang berkaitan dengan perbuatan manusia dewasa (mukallaf) yang mencakup ritual atau hubungan dengan Allah Swt. (‘ubudiyyah) dan kegiatan yang berhubungan dengan sesama manusia
(mu‘āmalah). Fikih mengulas berbagai pemahaman
mengenai tata cara pelaksanaan
dan
ketentuan hukum
dalam Islam serta implementasinya dalam ibadah dan mu‘āmalah. |
Sejarah Peradaban Islam |
Menguraikan catatan
perkembangan perjalanan hidup manusia
dalam membangun peradaban dari masa ke masa. Pembelajaran
Sejarah Peradaban
Islam
(SPI)
menekankan
pada
kemampuan mengambil hikmah dari
sejarah masa lalu,
menganalisa
pelbagai macam peristiwa dan menyerap berbagai kebijaksanaan yang telah
dipaparkan oleh para generasi terdahulu. Dengan refleksi atas kisah-kisah sejarah
tersebut, peserta didik mempunyai
pijakan historis
dalam
menghadapi permasalahan dan
menghindari dari terulangnya
kesalahan
untuk
masa sekarang maupun masa
depan. Aspek ini akan menjadi keteladanaan (‘ibrah) dan menjadi inspirasi generasi penerus
bangsa
dalam menyikap
dan menyelesaikan fenomena sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek, seni, dan
lain-lain dalam
rangka membangun peradaban di zamannya. |
Post a Comment