Header Ads

Analisis SKL Quran Hadis keals 7 Genap TP 2017 2018



ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
 KOMPETENSI INTI – KOMPETENSI DASAR

Satuan Pendidikan    : MTs NW Boro’Tumbuh                Kelas/Semester       : VII / 2
Mata Pelajaran         : Al-Qur’an Hadis                       Tahun Pelajaran       : 2017 / 2018

Domain
SKL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.4 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.5 Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
1.6 Meyakini pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al-Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.4 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), S.al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.5 Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
2.6 Terbiasa menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al-Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.4 Memahami isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
 dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
3.5 Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
3.6 Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), alal-Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
Keterampilan

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.4 Menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA
 (خَيْرُ الأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ)
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
   tentang toleransi (وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ)
4.5 Mendemosntrasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
4.6 Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al-Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                               Boro’Tumbuh,     Januari 2018
Kepala MTs. NW Boro’Tumbuh                                                                                                                                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran




Drs.TAJUDDIN                                           ZAINUL MUTTAQIN, S. Pd. I        i
NIP:                                                         NIP :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.