Header Ads

Contoh soal dan kisi-kisi UAMBN BK Quran Hadis 2020

Assalamu'alikum Warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Latihan  soal UAMBN-BK bisa dirilis walaupun sederhana mudah-muadahan bisa membantu dalam menjawab soal-soal UAMBN BK yang akan datang pada Tahun 2019. untuk itu bisa Bapak/ibu atau santri/santriawati bisa ambil di akhir postingan nanti.

LATIHAN SOAL UAMBN-BK Kisi-kisi kelas 9


Menentukan hukum bacaan mad shilah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi
   1.       Perhatikan table berikut ini;
No
Ayat
1
كُلَّمَا أَضَاءَلَهُمْ مَشَوْافِيْهِ وَاِذَا اَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوا
2
فَلَمَّا اَضَاءَ تْ مَاحَوْلَهُ ذَهَبَ اللهُ بِنُوْرِهِمْ
3
اِنَّا أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ
4
وَاِنَّهُ عِلَى ذَلِكَ لَشَهِيْد
Berdasarkan table diatas, bacaan mad shilah qasirah terdapat pada nomor………
A.      1 dan 2
B.      1 dan 3
C.      2 dan 4
D.      2 dan 3
   2.       Cermati QS Nuh (71) ayat 1 berikut;
اِنَّا أَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلَى قَوْمِهِ اَنْ َانْذِرْ قَوْمَكَ مِنْ قَبْلِ اَنْ يَأْتِيَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Ayat diatas menunjukkan hokum bacaan ……
A.      Mad shilah qasirah
B.      Mad shilah thawilah
C.      Mad tamkin
D.      Mad badal
   3.       Perhatikan ayat berikut ini;
وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ آمَنُوْا اِيْمَانًا وَلاَ يَرْتَابَ الَّذِيْنَ أُوْتُوْالْكِتَابَ
Pada ayat diatas terdapat 3 lafal yang mengandung hukum bacaan …
A.      Mad thabi’i
B.      Mad badal
C.      Ma iwad
D.      Mad farq
   4.       Cermati QS An-Naml (27) ayat 59 berikut;
قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَامٌ عَلَىٰ عِبَادِهِ الَّذِينَ اصْطَفَىٰ ۗ آللهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas adalah ……
A.      Mad farq
B.      Mad badal
C.      Mad tamkin
D.      Mad lazim mukhaffaf kilmi
  5.       Cermati QS Yunus ayat 59 berikut ;
قُلْ آللَّهُ أَذِنَ لَكُمْ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas adalah ……
A.      Mad badal
B.      Mad tamkin
C.      Mad lazim mukhaffaf kilmi
D.      Mad farq
6.       Cermati QS Al-An’am ayat 143 berikut ini;
قُلۡ ءٰٓالذَّكَرَيۡنِ حَرَّمَ اَمِ الۡاُنۡثَيَيۡنِ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas adalah ……
A.      Mad badal
B.      Mad tamkin
C.      Mad farq
D.      Mad lazim mukhaffaf kilm
   7.       Cermati QS Ali Imran (3) ayat 21 berikut;
إِنَّ ٱلَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ وَيَقْتُلُونَ ٱلنَّبِيِّيْنَ بِغَيْرِ حَقٍّ
Ayat diatas terdapat hokum bacaan mad tamkin karena …….
A.      Terdapat ya sukun didahului ya bertasydid dan berharakat kasrah
B.      Huruf hamzah berharakat hidup bertemu dengan hamzah sukun
C.      Huruf mad diikuti huruf bertasydid dalam satu kalimat
D.      Terdapat huruf mad yang yang terdapat ditengah kalimat

Menentukan isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S. az-Zalzalah

   8.       Cermati QS al-Qariah (110) ayat 8 – 11 berikut;
نَارٌ حَامِيَةٌ       وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ       فَاُمُّهُ هَاوِيَةٌ ۗ       وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ
Kandungan ayat diatas menjelaskan tentang ……
A.      Peristiwa pada saat terjadinya hari kiamat yang meluluhlantahkan alam semesta
B.      Dibangkitkannya manusia dari alam kubur dalam keadaan bermacam-macam
C.      Keadaan orang yang memiliki amal kebaikan yang sedikit
D.      Keadaan orang yang memiliki amal kebaikan yang banyak
   9.       Cermatilah ayat berikut !
نَارٌ حَامِيَةٌ    وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
Isi kandungan dari ayat diatas adalah ......
a.       Orang yang ringan timbangan kebaikannya akan masuk neraka Hutamah
b.      Neraka Hawiyah  dipersiapkan untuk orang yang berat timbangan kebaikannya
c.       Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi orang yang ingkar kepada Allah
d.      Neraka Hawiyah berisi api yang panas untuk orang yang ringan timbangnnya

10.   Perhatikan QS al-Qariah/104 : 4 berikut !
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
Isi kandungan yang sesuai dengan ayat diatas adalah ...
a.       Pada hari kiamat, gunung-gunung meletus mengeluarkan seluruh isinya
b.      Pada hari kiamat, bumi akan bergoncang dengan sangat dahsyatnya
c.       Pada hari kiamat , mansuia tertarik melihat fenomena alam yang terjadi begitu menakjubkan
d.      Pada hari kiamat, manusia panik sehingga berlarian tak tentu arah seperti laron yang beterbangan

Menerjemahkan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S. az-Zalzalah

   11.   Cermatilah ayat berikut !
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Terjemahan yang tepat dari ayat diatas ialah ......
a.       Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan
b.      Dan gunung-gunung seperti anai-anai yang beterbangan
c.       Dan gunung-gunung meletus berhamburan
d.      Dan gunung-gunung meletus, menerbangkan manusia seperti anai-anai
  12.   Dalam Al-Qur-an Allaqh SWT beberapa kali mengajukan pertanyaan, satu diantaranya aadalah pertanyaan yang diajukan kepada nabi Muhammad SAW, yaitu “Dan tahukan kamu apakah hari kiamat itu?” Ayat yang mengandung arti tersbut adalah …….
A.       وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ
B.       وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
C.        فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ
D.       وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Menentukan keterkaitan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S. az-Zalzalah

  13.   Perhatikan QS al-Qariah dan az-Zalzalah berikut;
1.        يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
2.        فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ
3.        وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ
4.        وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ
Beberapa ayat dalam QS al-Qariah dan az-Zalzalah mempunyai keterkaitan makna. Berdasarkan ayat di atas, yang menjelaskan tentang kepanikan manusia terhadap kejadian luarbiasa yang terjadi pada hari kiamat adalah ayat nomor ……
A.      1 dan 3
B.      1 dan 4
C.      2 dan 3
D.      3 dan 4

  14.   Perhatikan QS az-Zalzalah (99) ayat 7-8 berikut ;
1.        فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ
2.        وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ
Hari kiamat merupakan peristiwa berakhirnya kehidupan dunia yang membinasakan semua mmakhluk yang ada di langit dan di bumi dan tidak seorangpun dapat menjelaskan kapan waktunya tiba. Berdasarkan ayat tersebut, hikmah adanya hari pembalasan adalah …….
A.      Munculnya rasa mawas diri dalam hidup seseorang bahwa setiap amal perbuatan akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT
B.      Agar seseorang selalu mengingat kematian sehingga ia memperbanyak ibadah kepada Allah SWT
C.      Memberi motivasi seseorang untuk selalu berzikir kepada Allah SWT sehingga jiwanya menjadi tenang
D.      Agar seseorang bertambah keimannya karena hari kiamat yang sangat mengerikan
  15.   Peristiwa gempa bumi yang melanda Lombok NTB yang terjadi pada Agustus 2018 lalu telah merenggut ratusan korban jiwa. Dan gempa tersebut terjadi di beberapa tempat di Indonesia, Hal tersebut menimbulkan kebingungan pada masyarakat yang ada di wilayah tersebut dan pemerintah mengambil langkah evakuasi. Peristiwa tersebut mengingatkan seorang muslim terhadap peristiwa yang akan terjadi pada hari kiamat seperti yang dijelaskan dalam ayat …..
A.       يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
B.      وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
C.      اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ
D.      يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ
Menentukan isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi, dan riwayat Ibnu Majah

 16.   Naura Syaqila adalah siswi Madrasah Tsanawiyah NW Boro’Tumbuh. Kecintaannya pada lingkungan membuat ia menjadi sangat peduli terhadap tumbuhan yang ada di sekitarnya. Ketika mempelajari hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan allam, ia bersama teman-temannya memprakarsai untuk menanam pohon yang bermanfaat pada lahan kosong di madrasahnya. Hasil tanaman tersebut, selain bisa dimanfaatkan juga dapat memperkecil pemanasan global. Sabda Nabi Muhammad SAW yang sesuai dengan penjelasan diatas adalah ……
A. قال رسول الله ص.م مَنْ أَحْيى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ 
B.    قال رسول الله ص.م: مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا عَطَنًا لِمَاشِيَتِهِ 
C.    نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ 
D.   أَنَّ النَّبِيَّ ص.م نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا 
Menerapkan isi kandungan hadis riwayat Ahmad dan riwayat Al-Bazzar tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam
  17.   Dalam hadis yang di riwayat dan riwayat Al-Bazzar di katakan
أَنَّ النَّبِيَّ ص.م نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا 
Isi kandungan hadis tersebut adalah ……
A.      Kita dilarang keras untuk mengurung binatang dan mengebirinya
B.      Rasulullah SAW melarang kita untuk melestarikan alam nabati jika berat dilakukan
C.      Rasulullah SAW tidak akan memerintahkan kita untuk mengurung binatang dan memutuskan keturunannya
D.      Salah satu bentuk kepedulian kita terhadap pelestarian alam adalah dengan rutin memberinya makan dan tempat
  18.   Cermati hadis berikut;
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
أَنَّ النَّبِيَّ ص.م نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا (رواه البزار)
Pesan yang sesuai dengan kandungan kedua hadis di atas adlah ……
A.      Mengolah tanah agar dapat dimanfaatkan hasilnya dan menjadikan lingkungan lebih hijau
B.      Wujud kepedulian terhadap kelestarian bumi agar lebih bermanfaat bagi kehidupan semua makhluk
C.      Menjaga dan melestarikan lingkungan hewani sebagai bentuk kasih saying terhadap sesame makhluk
D.      Menjaga stabilitas ketersediaan air bersih yang ada didalam tanah sehingga terhindar dari kekeringan pada musim kemarau
Menentukan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaaf harfi
19. Surat Al-A’raf di mulai dengan lafal  المص   pada lafal tersebut terdapat hukum bacaan .....
A.   Mad lazim mukhaffaf kilmi
B.   Mad lazim mutsaqqal kilmi
C.   Mad lazim mukhaffaf harfi
D.   Mad lazim mutsaqqal harfi
20. Cermati ayat berikut ini !
1.  كَهيعَصَ
2.  عَسَقَ
3.  طسَمَ
4.  الَمَصَ
Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi terdapat pada nomor ....
a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    1 dan 3
d.    3 dan 4

  21.   Hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi terdapat pada ayat ……
a.    وَلَا تَحَاضُّوْنَ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ
b.    اَلَّذِيْنَ اَمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّلِحَاتِ
c.     كَلَّا اَنَّ كِتَابَ الْاَبْرَارَ لَفِى عِلِّيْيِيْنَ
d.    قُلْ ءَالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ

   22.  Pada saat tes lisan membaca Al-Qur’an, Zidan membaca ayat demi ayat dengan tartil dan fasih sesuai makharijul huruf dan tajwidnya. Ketika membaca ayat  الَمّ  bacaan huruf lam diidgamkan kepada huruf mim. Mad ia panjangkan secara sempurna. Hal ini karena pada bacaan tersebut terdapat hokum bacaan …..
a.    Mad lazim mukhaffaf kilmi
b.    Mad lazim mutsaqqal harfi
c.    Mad lazim mutsaqqal kilmi
d.    Mad lazim mukhaffaf harfi

  23.   Cermatilah penggalan ayat berikut !
1.       ءَالْئَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُوْنَ
2.       وَلاَ الضَّالِّيْنَ
3.       ءَالذَّكَرَيْنِ
4.       وَثَاقَهُ اَحَدٌ
Dari penggalan ayat di atas yang mengandung hokum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi terdapat pada nomor …..
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
   24.   Ketika membaca ayat عَسَقَ, Khalief memanjangkan setiap huruf dari ayat tersebut dengan panjang bacaan yang sempurna sesuai ilmu tajwid. Panjang bacaan yang seharusnya dilakukan ihsan ialah ……
a.    2 harakat
b.    4 harakat
c.    6 harakat
d.    5 harakat
  25.   Perhatikan ayat berikut;
1.    وَوَجَدَكَ ضَالاًّ فَهَدَى
2.    آللهُ خَيْرٌ اَمَّايُشْرِكُوْنَ
3.    وَيَنْقَلِبُ اِلَى اَهْلِهِ مَسْرُوْرًا
4.    آلْاَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُوْنَ
Berdasarkan ayat diatas, yang merupakan hokum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu …..
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
  26.   Perhatikan ayat berikut;
1)    وَوَجَدَكَ ضَالاًّ فَهَدَى
2)    آللهُ خَيْرٌ اَمَّايُشْرِكُوْنَ
3)    وَيَنْقَلِبُ اِلَى اَهْلِهِ مَسْرُوْرًا
4)    آلْاَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُوْنَ
Berdasarkan ayat diatas, yang merupakan hokum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi yaitu …..
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
Menentukan isi kandungan Q.S. al-‘Asr dan Q.S. al-‘Alaq
   27.  Salah satu isi kandungan QS Al-‘Alaq adalah …..
a.      Islam memerintahkan ummatnya untuk senantiasa belajar dan menambah wawasan
b.      Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berusaha keras memahami wahyu pertama ini
c.       Kita disyariatkan untuk melaksanakan kewajiban dengan ikhlas dan sepenuh hati
d.      Sikap Rasulullah SAW saat panik menerima QS Al-‘Alaq di Gua Hira’ merupakan bukti bahwa beliau benar-benar seorang Rasul terkhir

   28.  Perhatikan ayat berikut’
اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِى خُسْرٍ ,
Penjelasan yang terkandung pada ayat tersebut adalah .....
a.       Pernyataan bahwa kebanyakan manusia berada dalam kerugian
b.      Perintah menuntut ilmu selama hayat dikandung badan
c.       Perintah bersikap disiplin dalam segala hal
d.      Pernyataan bahwa waktu sangat berharga

Menganalisis perilaku yang sesuai dengan Q.S. al-‘Asr dan Q.S. al-‘Alaq
   29.   Perhatikan QS al-‘alaq berikut;
   عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ          اَلَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
Perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut diatas adalah …..
A.      Menggunakan waktu secara seimbang antara belajar dan bermain agar tidak menjadi orang yang kuper (kurang pergaulan)
B.      Bersungguh-sungguh dalam belajar kemudian mengamalkan ilmu yang telah diperoleh agar lebih bermanfaat
C.      Selalu memanfaatkan waktu untuk belajar dan melakukan kebaikan agar tidak menjadi orang yang gagal
D.      Rajin membaca dan menulis serta menyadari bahwa hakekatnya Allah lah yang memberikan pemahaman ilmu

  30.   Fatih adalah anak yang disiplin dan tepat waktu dalam mengerjakan setiap tugasnya. Ia sering menjaadi siswa yang paling awal dalam menyelesaikan tugas. Waktu ia gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Saat belajar tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam QS Al-Asr dan al-‘alaq, ia mendapat penjelasan yang mengesankan dari guru. Kandungan surat tersebut ia amalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena ia tidak ingin menjadi orang yang menyesal. Perilaku yang dilakukan Fatih merupakan pengamalan ayat …..
A.      اِقْرَاْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ
B.  إِلاَّ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْاوَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ
C.   وَتَوَا صَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْر
D.   إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِيْ خُسْر  وَالْعَصْرِ
    31.  Imas adalah anak yang lahir dari keluarga yang sederhana, tetapi orang tuanya sangat peduli dengan pendidikannya. Setiap biulan ayahnya selalu membelikannya buku karena ia yakin dengan membaca, Imas akan menjadi anak yang pandai dan memiliki wawasan luas. Ayat yang sesuai dengan penjelasan di atas adalah ……
A.     خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
B.     عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ
C.     اِقْرَاْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ
D.  اَلَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
   32.  Perhatikan QS Al-‘Alaq ayat 5 berikut !
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ
Perilaku yang sesuai dengan penerapan isi kandungan ayat di atas adalah ......
a.       Berbuat kebaikan sebagai rasa syukur kepada Allah
b.      Berbakti kepada orang tua sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT
c.       Belajar sungguh-sungguh disertai do’a kepada Allah agar mendapat ilmu
d.      Bersungguh-sungguhdan khusyu’ dalam melaksanakan ibadah kepada Allah
Menentukan isi kandungan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik tentang menuntut ilmu
    33.   Cermati hadis berikut;
عَنْ اَنَس بِنْ مَالِكِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ ص.م. : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ اَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيْرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْ لُؤَ وَالذَّهَبَ (رواه ابن ماجه )

Kandungan hadis diatas menjelaskan tentang …..
A.      Perintah mencari ilmu sepanjang hayat, sejak dilahirkan hingga di liang lahat
B.      Kebahagiaan yang diperoleh bagi orang yang menuntut ilmu yaitu kebahagiaan didunia dan diakherat
C.      Perintah menuntut ilmu dan menyampaikannya harus disesuaikan dengan taraf berfikir penerima ilmu
D.      Janji Allah kepada orang yang menuntut ilmu yaitu akan dimudahkan jalannya untuk masuk syurga.
Menerjemahkan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar tentang perilaku menghargai waktu
    34.   Cermati hadis berikut;
1.
اِذَا اَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ
3.
وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ
2.
وَاِذَا اَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ
4.
وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ
Dari matan hadis diatas, arti yang tepat untuk matan hadis yang terdapat pada no. 1 dan 2 adalah …….
A.      Dan Gunakan waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu, dan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu
B.      Dan Gunakan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu dan waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu
C.      Apabila kamu berada di pagi hari janganlah kamu menunggu hingga sore hari dan gunakan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu
D.      Apabila kamu berada di sore hari janganlah kamu menunggu hingga pagi hari, dan apabila kamu berada di pagi hari janganlah menunggu hingga sore hari

Menentukan keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik tentang menuntut ilmu

    35.   Perhatikan table hadis berikut;

1.
عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عُمَر رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : اَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ : كُنْ فِى الدُّنْيَا كَاَنَّكَ غَرِيْبٌ اَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ ..... ( رواه البخارى )
2.
عَنْ اَنَس بِنْ مَالِكِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ ص.م. : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ ...... (رواه ابن ماجه )  

Keterkaitan kandungan kedua hadis diatas adalah …..
A.      Giat menuntut ilmu baik formal maupun non formal, selama masih memiliki kesempatan hidup di dunia yang hanya semestara
B.      Menunjukkan keseriusan dan keikhlasan dalam menuntut ilmu karena keikhlasan dapat memudahkan pemahaman
C.      Rela memanfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan yang dapat meringankan beban orang yang sedang kesusahan
D.      Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan melakukan amal saleh agar mendapat keberkahan hidup

 Silahkan yang membutuhkan contoh soal UAMBN-BK 2019 ambil disini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.