Contoh soal dan kisi-kisi UAMBN BK Quran Hadis 2020
Assalamu'alikum Warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Latihan soal UAMBN-BK bisa dirilis walaupun sederhana mudah-muadahan bisa membantu dalam menjawab soal-soal UAMBN BK yang akan datang pada Tahun 2019. untuk itu bisa Bapak/ibu atau santri/santriawati bisa ambil di akhir postingan nanti.
LATIHAN SOAL UAMBN-BK Kisi-kisi kelas 9
Silahkan yang membutuhkan contoh soal UAMBN-BK 2019 ambil disini
Alhamdulillah Latihan soal UAMBN-BK bisa dirilis walaupun sederhana mudah-muadahan bisa membantu dalam menjawab soal-soal UAMBN BK yang akan datang pada Tahun 2019. untuk itu bisa Bapak/ibu atau santri/santriawati bisa ambil di akhir postingan nanti.
LATIHAN SOAL UAMBN-BK Kisi-kisi kelas 9
Menentukan hukum
bacaan mad shilah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi
1.
Perhatikan table berikut
ini;
No
|
Ayat
|
1
|
كُلَّمَا أَضَاءَلَهُمْ مَشَوْافِيْهِ
وَاِذَا اَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوا
|
2
|
فَلَمَّا اَضَاءَ تْ مَاحَوْلَهُ
ذَهَبَ اللهُ بِنُوْرِهِمْ
|
3
|
اِنَّا أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ
الْقَدْرِ
|
4
|
وَاِنَّهُ عِلَى ذَلِكَ لَشَهِيْد
|
Berdasarkan table diatas, bacaan mad shilah
qasirah terdapat pada nomor………
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
2 dan 3
2.
Cermati QS Nuh (71) ayat 1
berikut;
اِنَّا أَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلَى
قَوْمِهِ اَنْ َانْذِرْ قَوْمَكَ مِنْ قَبْلِ اَنْ يَأْتِيَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Ayat diatas menunjukkan hokum bacaan ……
A.
Mad shilah qasirah
B.
Mad shilah thawilah
C.
Mad tamkin
D.
Mad badal
3.
Perhatikan ayat berikut
ini;
وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ آمَنُوْا
اِيْمَانًا وَلاَ يَرْتَابَ الَّذِيْنَ أُوْتُوْالْكِتَابَ
Pada ayat diatas terdapat 3 lafal yang
mengandung hukum bacaan …
A.
Mad thabi’i
B.
Mad badal
C.
Ma iwad
D.
Mad farq
4.
Cermati QS An-Naml (27)
ayat 59 berikut;
قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَامٌ عَلَىٰ عِبَادِهِ الَّذِينَ اصْطَفَىٰ
ۗ آللهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas
adalah ……
A.
Mad farq
B.
Mad badal
C.
Mad tamkin
D.
Mad lazim mukhaffaf kilmi
5.
Cermati QS Yunus ayat 59
berikut ;
قُلْ آللَّهُ
أَذِنَ لَكُمْ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas
adalah ……
A.
Mad badal
B.
Mad tamkin
C.
Mad lazim mukhaffaf kilmi
D.
Mad farq
6.
Cermati QS Al-An’am ayat
143 berikut ini;
قُلۡ
ءٰٓالذَّكَرَيۡنِ حَرَّمَ اَمِ الۡاُنۡثَيَيۡنِ
Hukum bacaan yang terdapat pada ayat diatas
adalah ……
A.
Mad badal
B.
Mad tamkin
C.
Mad farq
D.
Mad lazim mukhaffaf kilm
7.
Cermati QS Ali Imran (3)
ayat 21 berikut;
إِنَّ ٱلَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ وَيَقْتُلُونَ ٱلنَّبِيِّيْنَ
بِغَيْرِ حَقٍّ
Ayat diatas terdapat hokum bacaan mad
tamkin karena …….
A.
Terdapat ya sukun
didahului ya bertasydid dan berharakat kasrah
B.
Huruf hamzah berharakat
hidup bertemu dengan hamzah sukun
C.
Huruf mad diikuti huruf
bertasydid dalam satu kalimat
D.
Terdapat huruf mad yang
yang terdapat ditengah kalimat
Menentukan isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S.
az-Zalzalah
8.
Cermati QS al-Qariah (110)
ayat 8 – 11 berikut;
نَارٌ حَامِيَةٌ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ فَاُمُّهُ هَاوِيَةٌ ۗ وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ
Kandungan ayat diatas menjelaskan tentang
……
A.
Peristiwa pada saat
terjadinya hari kiamat yang meluluhlantahkan alam semesta
B.
Dibangkitkannya manusia
dari alam kubur dalam keadaan bermacam-macam
C.
Keadaan orang yang
memiliki amal kebaikan yang sedikit
D.
Keadaan orang yang memiliki
amal kebaikan yang banyak
9.
Cermatilah ayat berikut !
نَارٌ حَامِيَةٌ وَمَآ اَدْرٰىكَ
مَا هِيَهْۗ
Isi kandungan dari ayat diatas adalah ......
a.
Orang yang ringan timbangan
kebaikannya akan masuk neraka Hutamah
b.
Neraka Hawiyah dipersiapkan untuk orang yang berat timbangan
kebaikannya
c.
Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi
orang yang ingkar kepada Allah
d.
Neraka Hawiyah berisi api yang
panas untuk orang yang ringan timbangnnya
10.
Perhatikan QS
al-Qariah/104 : 4 berikut !
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ
كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
Isi kandungan yang sesuai dengan ayat diatas adalah ...
a.
Pada hari kiamat, gunung-gunung
meletus mengeluarkan seluruh isinya
b.
Pada hari kiamat, bumi akan
bergoncang dengan sangat dahsyatnya
c.
Pada hari kiamat , mansuia
tertarik melihat fenomena alam yang terjadi begitu menakjubkan
d.
Pada hari kiamat, manusia panik
sehingga berlarian tak tentu arah seperti laron yang beterbangan
Menerjemahkan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S. az-Zalzalah
11.
Cermatilah ayat berikut !
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Terjemahan yang tepat dari ayat diatas ialah ......
a.
Dan gunung-gunung seperti bulu
yang dihambur-hamburkan
b.
Dan gunung-gunung seperti
anai-anai yang beterbangan
c.
Dan gunung-gunung meletus
berhamburan
d.
Dan gunung-gunung meletus,
menerbangkan manusia seperti anai-anai
12.
Dalam Al-Qur-an Allaqh SWT beberapa kali
mengajukan pertanyaan, satu diantaranya aadalah pertanyaan yang diajukan kepada
nabi Muhammad SAW, yaitu “Dan tahukan kamu apakah hari kiamat itu?” Ayat
yang mengandung arti tersbut adalah …….
A. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ
B. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
C.
فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ
D.
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Menentukan keterkaitan Q.S. al-Qari‘ah dan Q.S.
az-Zalzalah
13.
Perhatikan QS al-Qariah dan
az-Zalzalah berikut;
1.
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
2.
فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ
3.
وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ
4.
وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ
Beberapa ayat dalam QS al-Qariah dan
az-Zalzalah mempunyai keterkaitan makna. Berdasarkan ayat di atas, yang
menjelaskan tentang kepanikan manusia terhadap kejadian luarbiasa yang terjadi
pada hari kiamat adalah ayat nomor ……
A.
1 dan 3
B.
1 dan 4
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
14.
Perhatikan QS az-Zalzalah
(99) ayat 7-8 berikut ;
1.
فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ
2.
وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ
Hari kiamat merupakan peristiwa berakhirnya
kehidupan dunia yang membinasakan semua mmakhluk yang ada di langit dan di bumi
dan tidak seorangpun dapat menjelaskan kapan waktunya tiba. Berdasarkan ayat
tersebut, hikmah adanya hari pembalasan adalah …….
A.
Munculnya rasa mawas
diri dalam hidup seseorang bahwa setiap amal perbuatan akan dimintai
pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT
B.
Agar seseorang selalu
mengingat kematian sehingga ia memperbanyak ibadah kepada Allah SWT
C.
Memberi motivasi seseorang
untuk selalu berzikir kepada Allah SWT sehingga jiwanya menjadi tenang
D.
Agar seseorang bertambah
keimannya karena hari kiamat yang sangat mengerikan
15. Peristiwa gempa bumi yang melanda Lombok NTB yang terjadi pada
Agustus 2018 lalu telah merenggut ratusan korban jiwa. Dan gempa tersebut
terjadi di beberapa tempat di Indonesia, Hal tersebut menimbulkan kebingungan
pada masyarakat yang ada di wilayah tersebut dan pemerintah mengambil langkah
evakuasi. Peristiwa tersebut mengingatkan seorang muslim terhadap peristiwa
yang akan terjadi pada hari kiamat seperti yang dijelaskan dalam ayat …..
A.
يَوْمَ يَكُوْنُ
النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
B.
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
C.
اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ
D.
يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ
Menentukan isi kandungan hadis riwayat
At-Tirmizi, dan riwayat Ibnu Majah
16. Naura Syaqila adalah siswi Madrasah Tsanawiyah NW Boro’Tumbuh.
Kecintaannya pada lingkungan membuat ia menjadi sangat peduli terhadap tumbuhan
yang ada di sekitarnya. Ketika mempelajari hadis tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan allam, ia bersama teman-temannya memprakarsai untuk
menanam pohon yang bermanfaat pada lahan kosong di madrasahnya. Hasil tanaman
tersebut, selain bisa dimanfaatkan juga dapat memperkecil pemanasan global.
Sabda Nabi Muhammad SAW yang sesuai dengan penjelasan diatas adalah ……
A.
قال رسول الله ص.م
مَنْ أَحْيى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ
B.
قال رسول الله ص.م:
مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا عَطَنًا لِمَاشِيَتِهِ
C.
نَهَى رَسُوْلُ الله
ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ
D.
أَنَّ النَّبِيَّ ص.م
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا
Menerapkan isi
kandungan hadis riwayat Ahmad dan riwayat Al-Bazzar tentang perilaku menjaga
dan melestarikan lingkungan alam
17.
Dalam hadis yang di riwayat
dan riwayat Al-Bazzar di katakan
أَنَّ النَّبِيَّ ص.م نَهَى
صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا
Isi kandungan hadis tersebut adalah ……
A.
Kita dilarang keras
untuk mengurung binatang dan mengebirinya
B.
Rasulullah SAW melarang
kita untuk melestarikan alam nabati jika berat dilakukan
C.
Rasulullah SAW tidak akan
memerintahkan kita untuk mengurung binatang dan memutuskan keturunannya
D.
Salah satu bentuk
kepedulian kita terhadap pelestarian alam adalah dengan rutin memberinya makan
dan tempat
18.
Cermati hadis berikut;
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ
إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
أَنَّ النَّبِيَّ ص.م نَهَى
صَيْرِ الرُّوْحِ وَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا (رواه البزار)
Pesan yang sesuai dengan kandungan kedua
hadis di atas adlah ……
A.
Mengolah tanah agar dapat
dimanfaatkan hasilnya dan menjadikan lingkungan lebih hijau
B.
Wujud kepedulian terhadap
kelestarian bumi agar lebih bermanfaat bagi kehidupan semua makhluk
C.
Menjaga dan
melestarikan lingkungan hewani sebagai bentuk kasih saying terhadap sesame
makhluk
D.
Menjaga stabilitas
ketersediaan air bersih yang ada didalam tanah sehingga terhindar dari
kekeringan pada musim kemarau
Menentukan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi,
musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaaf harfi
19.
Surat
Al-A’raf di mulai dengan lafal المص pada lafal tersebut
terdapat hukum bacaan .....
A.
Mad lazim
mukhaffaf kilmi
B.
Mad lazim
mutsaqqal kilmi
C.
Mad lazim
mukhaffaf harfi
D. Mad lazim mutsaqqal harfi
20.
Cermati ayat
berikut ini !
1. كَهيعَصَ
2. عَسَقَ
3. طسَمَ
4. الَمَصَ
Hukum
bacaan mad lazim mukhaffaf harfi terdapat pada nomor ....
a.
1 dan 2
b.
2 dan 3
c. 1 dan 3
d.
3 dan 4
21.
Hukum bacaan mad lazim
mutsaqqal kilmi terdapat pada ayat ……
a.
وَلَا تَحَاضُّوْنَ عَلَى طَعَامِ
الْمِسْكِيْنِ
b.
اَلَّذِيْنَ اَمَنُوْا وَعَمِلُوا
الصَّلِحَاتِ
c.
كَلَّا اَنَّ كِتَابَ الْاَبْرَارَ
لَفِى عِلِّيْيِيْنَ
d.
قُلْ ءَالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ
الْاُنْثَيَيْنِ
22. Pada saat tes lisan membaca Al-Qur’an,
Zidan membaca ayat demi ayat dengan tartil dan fasih sesuai makharijul huruf
dan tajwidnya. Ketika membaca ayat الَمّ bacaan huruf lam diidgamkan kepada huruf mim.
Mad ia panjangkan secara sempurna. Hal ini karena pada bacaan tersebut terdapat
hokum bacaan …..
a. Mad lazim mukhaffaf kilmi
b. Mad lazim mutsaqqal harfi
c. Mad lazim mutsaqqal kilmi
d. Mad lazim mukhaffaf harfi
23.
Cermatilah penggalan ayat
berikut !
1.
ءَالْئَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ
تَسْتَعْجِلُوْنَ
2.
وَلاَ الضَّالِّيْنَ
3.
ءَالذَّكَرَيْنِ
4.
وَثَاقَهُ اَحَدٌ
Dari penggalan ayat di atas yang
mengandung hokum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi terdapat pada nomor
…..
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
24.
Ketika membaca ayat عَسَقَ, Khalief
memanjangkan setiap huruf dari ayat tersebut dengan panjang bacaan yang
sempurna sesuai ilmu tajwid. Panjang bacaan yang seharusnya dilakukan ihsan
ialah ……
a.
2
harakat
b.
4
harakat
c.
6 harakat
d.
5
harakat
25. Perhatikan ayat berikut;
1.
وَوَجَدَكَ ضَالاًّ فَهَدَى
2.
آللهُ خَيْرٌ اَمَّايُشْرِكُوْنَ
3.
وَيَنْقَلِبُ اِلَى اَهْلِهِ
مَسْرُوْرًا
4.
آلْاَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ
تَسْتَعْجِلُوْنَ
Berdasarkan ayat
diatas, yang merupakan hokum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu …..
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
26. Perhatikan ayat berikut;
1)
وَوَجَدَكَ ضَالاًّ فَهَدَى
2)
آللهُ خَيْرٌ اَمَّايُشْرِكُوْنَ
3)
وَيَنْقَلِبُ اِلَى اَهْلِهِ
مَسْرُوْرًا
4)
آلْاَنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ
تَسْتَعْجِلُوْنَ
Berdasarkan ayat
diatas, yang merupakan hokum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi yaitu …..
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
Menentukan isi
kandungan Q.S. al-‘Asr dan Q.S. al-‘Alaq
27.
Salah
satu isi kandungan QS Al-‘Alaq adalah …..
a.
Islam memerintahkan ummatnya untuk senantiasa belajar dan menambah wawasan
b.
Allah
memerintahkan kaum muslimin untuk berusaha keras memahami wahyu pertama ini
c.
Kita
disyariatkan untuk melaksanakan kewajiban dengan ikhlas dan sepenuh hati
d.
Sikap
Rasulullah SAW saat panik menerima QS Al-‘Alaq di Gua Hira’ merupakan bukti
bahwa beliau benar-benar seorang Rasul terkhir
28.
Perhatikan
ayat berikut’
اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِى خُسْرٍ ,
Penjelasan yang
terkandung pada ayat tersebut adalah .....
a.
Pernyataan bahwa
kebanyakan manusia berada dalam kerugian
b.
Perintah menuntut ilmu selama hayat dikandung
badan
c.
Perintah bersikap disiplin dalam segala hal
d.
Pernyataan bahwa waktu sangat berharga
Menganalisis perilaku yang sesuai
dengan Q.S. al-‘Asr dan Q.S. al-‘Alaq
29. Perhatikan QS al-‘alaq berikut;
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ اَلَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
Perilaku yang
sesuai dengan ayat tersebut diatas adalah …..
A.
Menggunakan waktu secara
seimbang antara belajar dan bermain agar tidak menjadi orang yang kuper (kurang
pergaulan)
B.
Bersungguh-sungguh dalam
belajar kemudian mengamalkan ilmu yang telah diperoleh agar lebih bermanfaat
C.
Selalu memanfaatkan waktu
untuk belajar dan melakukan kebaikan agar tidak menjadi orang yang gagal
D.
Rajin membaca dan
menulis serta menyadari bahwa hakekatnya Allah lah yang memberikan pemahaman
ilmu
30. Fatih adalah anak yang disiplin dan tepat waktu dalam
mengerjakan setiap tugasnya. Ia sering menjaadi siswa yang paling awal dalam
menyelesaikan tugas. Waktu ia gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Saat
belajar tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam QS Al-Asr dan
al-‘alaq, ia mendapat penjelasan yang mengesankan dari guru. Kandungan surat
tersebut ia amalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena ia tidak ingin menjadi
orang yang menyesal. Perilaku yang dilakukan Fatih merupakan pengamalan ayat
…..
A.
اِقْرَاْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ
B.
إِلاَّ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْاوَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ
C.
وَتَوَا صَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْر
D.
إِنَّ الْإِنْسَانَ
لَفِيْ خُسْر وَالْعَصْرِ
31.
Imas adalah anak yang lahir dari keluarga yang sederhana, tetapi
orang tuanya sangat peduli dengan pendidikannya. Setiap biulan ayahnya selalu
membelikannya buku karena ia yakin dengan membaca, Imas akan menjadi anak yang
pandai dan memiliki wawasan luas. Ayat yang sesuai dengan penjelasan di atas
adalah ……
A.
خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
B.
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ
C.
اِقْرَاْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ
D.
اَلَّذِى
عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
32.
Perhatikan
QS Al-‘Alaq ayat 5 berikut !
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ
مَالَمْ يَعْلَمْ
Perilaku yang
sesuai dengan penerapan isi kandungan ayat di atas adalah ......
a.
Berbuat
kebaikan sebagai rasa syukur kepada Allah
b.
Berbakti
kepada orang tua sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT
c.
Belajar
sungguh-sungguh disertai do’a kepada Allah agar mendapat ilmu
d.
Bersungguh-sungguhdan
khusyu’ dalam melaksanakan ibadah kepada Allah
Menentukan isi
kandungan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik tentang menuntut ilmu
33. Cermati hadis berikut;
عَنْ اَنَس بِنْ مَالِكِ قَالَ : قَالَ
رَسُوْلُ اللّهِ ص.م. : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
وَوَضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ اَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيْرِ
الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْ لُؤَ وَالذَّهَبَ (رواه ابن ماجه )
Kandungan hadis
diatas menjelaskan tentang …..
A.
Perintah mencari ilmu
sepanjang hayat, sejak dilahirkan hingga di liang lahat
B.
Kebahagiaan yang diperoleh
bagi orang yang menuntut ilmu yaitu kebahagiaan didunia dan diakherat
C.
Perintah menuntut
ilmu dan menyampaikannya harus disesuaikan dengan taraf berfikir penerima ilmu
D.
Janji Allah kepada orang
yang menuntut ilmu yaitu akan dimudahkan jalannya untuk masuk syurga.
Menerjemahkan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah
bin Umar tentang perilaku menghargai waktu
34. Cermati hadis berikut;
1.
|
اِذَا اَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ
الصَّبَاحَ
|
3.
|
وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ
|
2.
|
وَاِذَا اَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ
الْمَسَاءَ
|
4.
|
وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ
|
Dari matan hadis
diatas, arti yang tepat untuk matan hadis yang terdapat pada no. 1 dan 2 adalah
…….
A.
Dan Gunakan waktu sehatmu
untuk menghadapi sakitmu, dan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu
B.
Dan Gunakan waktu hidupmu untuk
menghadapi matimu dan waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu
C.
Apabila kamu berada di pagi
hari janganlah kamu menunggu hingga sore hari dan gunakan waktu hidupmu untuk
menghadapi matimu
D.
Apabila kamu berada
di sore hari janganlah kamu menunggu hingga pagi hari, dan apabila kamu berada
di pagi hari janganlah menunggu hingga sore hari
Menentukan keterkaitan isi kandungan hadis riwayat
Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar tentang perilaku menghargai waktu dan hadis
riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik tentang menuntut ilmu
35. Perhatikan table hadis berikut;
1.
|
عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عُمَر
رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : اَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ : كُنْ فِى الدُّنْيَا كَاَنَّكَ غَرِيْبٌ اَوْ
عَابِرُ سَبِيْلٍ ..... ( رواه البخارى )
|
2.
|
عَنْ اَنَس بِنْ مَالِكِ قَالَ :
قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ ص.م. : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
...... (رواه ابن ماجه )
|
Keterkaitan
kandungan kedua hadis diatas adalah …..
A.
Giat menuntut ilmu baik
formal maupun non formal, selama masih memiliki kesempatan hidup di dunia yang
hanya semestara
B.
Menunjukkan
keseriusan dan keikhlasan dalam menuntut ilmu karena keikhlasan dapat
memudahkan pemahaman
C.
Rela memanfaatkan waktu
dengan melakukan kegiatan yang dapat meringankan beban orang yang sedang
kesusahan
D.
Bersungguh-sungguh dalam
menuntut ilmu dan melakukan amal saleh agar mendapat keberkahan hidup
Post a Comment