Header Ads

Latihan diskusi kelompok tentang Spirit dalam mencari Rezeki Allah




Hasil diskusi dari kelompok gabungan kelompok 1 dan 2

D
I
S
U
S
U
N

Oleh:
1 . Gina Agniyatun Hasanah
2. Siti Amelia
3. Rina Januarti
4. Rina Juwita
5. Nia Roya Ramadani
6. Alpan Dika
7.  Gairil Idaman





DISKUSI KELOMPOK

BAHAN DISKUSI (1) :

   Surah al-Jumu’ah [62] ayat 10 berkaitan dengan spirit Allah dalam mencari rezeki. Dia berfirman, “ketika kita telah selesai mengerjakan sholat, bertebaranlah di muka bumi.’’ Ayat ini mengajak kita untuk senantiasa produktif, serta mampu memanfaatkan waktu dan tidak bermalas malasan dalam menggapai rezeki Allah. Bagaimana pendapatmu? Kemudian, apa yang harus kamu kerjakan agar bias produktif?

HASIL DISKUSI (1) :

   Menurut pendapat kami surah al-Jumu’ah tersebut mengandung makna yang sangat positif, karena surah tersebut memberitahukan/memerintahkan kita untuk tidak bermalas-malasan karena sifat malas itu adalah salah satu sifat tercela yang harus dihindari oleh setiap umat muslim di seluruh dunia.
    Agar bisa produktif kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu yg kita miliki untuk hanya sekedar bermalas-malasan, kita harus menggunakan waktu yg ada untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik itu bagi diri kita sendiri ataupun bagi oang lain disekitar kita, sebagai seorang pelajar hal yang dapat kita kerjakan adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan senantiasa berdo’a agar apapun yang kita kerjakan bernilai ibadah dan diterima oleh Allah SWT.


 BAHAN DISKUSI (2) :

Allah mengingatkan kepada Nabi Muhammad SAW. dan umatnya untuk tidak cepat puas dengan hasil usahanya, sekaligus mengingaatkan bila selesai dari satu urusan bergegaslah untuk menyelesaikan urusan lainnya. Bagaimana tanggapan Rasulullah Saw. dengan pernyataan Allah tersebut? Nilai-nilai karakter apa yang dapat kalian kembangkan dari pernyataan Allah tersebut?

HASIL DISKUSI (2) :

Rasulullah Saw menerima pernyataan dari Allah Swt tersebut, bukti bahwa nabi Muhammad menerima pernyataan Allah tersebut adalah nabi muhammmad tidak merasa puas dengan hanya melakukan solat fardu saja , beliau menambahkan/melaksanakan zikir do’a dan solat sunnah setelahnya. Nilai-nilai karakter yang dapat kita kembangkan dari pernyataan Allah SWT tersebut adalah ; Rendah hati (walau kita sudah mampu melakukan atau meraih sesuatu kita tidak perlu menyombongkannya dan kita harus ingat diatas langit masih ada langit),Dengan adanya rasa ketidakpuasan kita akan semakin giat dan bekerja lebih keras lagi dalam mencapai impian yang lebih baik, terhindar dari sifat riya’(melakukan sesuatu hanya mengharapkan pujian dari manusia/orang lain) kita harus ingat bahwasanya segala puji-pujian yang banyak itu hanya milik Allah Swt.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.