Header Ads

Materi QS Al-Lahab kelas 7 Genap



QS AL-LAHAB
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ
مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ
تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ  

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ
وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ
Artinya :
     1.    Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!
     2.    Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.
     3.    Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).
     4.    Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).
     5.    Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.
a. Muqaddimah
Surah ini terkenal dengan nama al-Lahab diambil dari ayat ketiga. Nama lain al Masad (sabut penjerat), Tabbat (binasalah). Termasuk jenis surah Makiyah, surat ke-6 dari segi tertib turunnya dan ke-111 dari segi tertib penulisannya .
Surah ini mengabadikan kisah Abu Lahab dan istrinya yang sangat menentang dakwah Nabi Muhammad SAW. Abu Lahab adalah seorang paman Nabi yang memiliki nama asli Abdul ‘Uzza Ibnu Abdil Muthalib yang cukup kaya di kalangan kaum Quraisy. Istrinya bernama Alwa binti Harb atau lebih populer dipanggil Ummu Jamil .
b. Asbabul Nuzul
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa suatu ketika Rasulallah SAW..naik ke bukit Shafa sambil berseru: “Mari kumpul pada pagi hari ini!”Maka berkumpulah kaum Quraisy. Rasulullah SAW..bersabda:  “Bagaimana pendapat kalian, seandainya aku beri tahu bahwa musuh akan datang besok pagi atau petang, apakah kalian percaya kepadaku?” Kaum Quraisy menjawab: “pasti kami percaya”. Rasulallah SAW. bersabda: “Aku peringatkan bahwa siksaan Allah yang dahsyat akan datang”. Berkata Abu Lahab: “Celaka engkau! Apakah hanya untuk ini, engkau kumpulkan kami?” Maka turunlah ayat ini (S. 1 s/d 5) berkenaan dengan peristiwa itu yang melukiskan bahwa kecelakaan itu akan terkena kepada orang yang memfitnah dan menghalang-halangi agama Allah .
KANDUNGAN SURAH AL-LAHAB
Ayat 1
Kata tabbat terambil dari kata tabba yang mulanya berarti “kesinambungan dalam kerugian”.Oleh karena itu, kata ini biasa diartikan celaka, binasa dan kecewa .
Terjemahan ayat pertama Surah Al-Lahab adalah “ Binasalah kedua tangan Abu Lahab”. Kata kedua tangan dalam bahasa Arab berarti kedua tangannya yang bekerja dan berusaha akan binasa. Orang yang berusaha dengan kedua tangan itu akan binasa, artinya usahanya akan gagal. Bukan saja usaha kedua belah tangannya yang akan gagal bahkan dirinya sendiri, rohani dan jasmaninyapun akan binasa .
Ayat pertama merupakan do’a untuk Abu Lahab agar merugi dan celaka. Kebinasaan bukan hanya pada kedua belah tangannya, bahkan dirinya sendiri, rohani dan jasmaninya pun akan binasa. Apa yang direncanakannya dalam menghalangi dakwah Nabi SAW. tidaklah akan ada yang berhasil. Dia dijuluki Abu Lahab (bapaknya jilatan api) karena pipinya kemerah-merahan, atau sebagai isyarat bahwa kelak dia akan masuk neraka .
Ayat 2
Ayat kedua Surah Al-Lahab menceritakan tentang harta kekayaan yang di miliki dan dibanggakan Abu Lahab. Ketekunannya dalam mengumpulkan harta benda semuanya tidak berarti apa-apa bagi dirinya. Semua amal perbuatannya tidak dapat dijadikan sebagai penebus dirinya dari api neraka. Bahkan dia ditimpa kehancuran baik di dunia maupun di akhirat dan ia akan menerima siksaan yang amat berat .
Kata “hartanya” dapat berarti kekayaan yang dihasilkan di negeri-negeri mereka sendiri dan “apa yang dia usahakan” dapat diartikan harta kekayaan yang ditimbun mereka dengan memeras bangsa-bangsa yang lebih lemah dan merampas kekayaan sumber-sumber daya alam mereka .
Abu Lahab adalah orang yang paling berani menghalang-halangi nabi dan kebenaran. Ia juga sangat rajin menghasut para pengikut nabi agar keluar dari Islam . Sehingga dalam ayat kedua ini menginformasikan bahwa Abu Lahab tidak memiliki peluang untuk selamat.Sungguh binasa kedua tangannya, harta benda dan segala usahanya tidak dapat menyelamatkan dari kebinasaan .
Ayat 3
Ungkapan, Abu Lahab dapat berartipula orang yang menciptakan barang-barang yang mengeluarkan api serta nyala atau orang yang dirinya sendiri termakan nyala api . Abu Lahab kelak akan disiksa di api neraka yang apinya berkobar-kobar dengan ganasnya. Neraka tersebut juga Allah sediakan untuk orang-orang seperti Abu Lahab yakni kaum kafir yang menentang nabi saw. Siksa Allah juga menimpa istri Abu Lahab, yaitu Urwah binti Harb, saudara perempuan Abu Safyan bin Harb .
Ayat 4
Kalimat Al-hathob (حمالةالحطب) dipahami dalam arti pembawa isu dan fitnah, yang bertujuan melecehkan Nabi SAW.dan memecah belah kaum muslimin. Atau sebagai ungkapan penghinaan kepadanya yang kaya raya . Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Istri Abu Lahab kelak juga akan menerima siksa di dalam neraka. Siksaan tersebut merupakan balasan atas upayanya di dalam memadamkan dakwah Rasul dan memfitnah Rasul.

Ayat 5
Surah Al Lahab ditutup dengan pernyataan, betapa hina Abu Lahab. Kelak dia di neraka jahannam dan istrinyapun wafat dalam kemusyrikan sehingga ayat di atas dapat dinilai sebagai salah satu ayat yang berbicara tentang gaib yang telah


Semoga bermanfaat

Lihat juga latihan soal UMBK 2020 di sini

Menganalisis isi kandungan QS Al-Lahab dan QS An-NAshr tentang istiqamah dalam berdakwah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.