Header Ads

Kuliah ke Luar Negeri | Persiapan dan Tips

Istilah-Istilah yang Wajib Diketahui Oleh Kamu yang Mau Study ...

di postingan kali ini aku akan berbagi tips dan persiapan buat kalian yang ingin berkuliah ke luar negeri secara umum karena mungkin di beberapa negara akan sedikit berbeda prihal kebijakan negara mereka masing  masing. jadi, aku akan membagikan kepada kalian apa saja tips dan persiapan buat kalian yang ingin berkuliah ke luar negeri. let's go

Apa saja persiapan buat kuliah ke luar negeri?

1. tentukan negara tujuan

buat kalian yang ingin berkuliah di negara asean tentu saja kebijakan negara negara kawasan asean tersebut berbeda dibandingkan eropa. dalam hal persyaratan administrasi dan lain lain. aku merekomendasikan kepada kalian setidaknya pilihlah 2 negara di kawasan asia dan eropa untuk kalian yang berkuliah mengambil bachelor's degree. sebab, biasanya bachelor's degree mengharuskan menggunakan bahasa mereka untuk menjadi bahasa pengantar. kelebihannya adalah kita tidak usah menggunakan nilai toefl ataupun ielts. cukup berbekal skill bahasa inggris kamu untuk menyerap pelajaran bahasa mereka. karena di tahun pertama kalian akan belajar bahasa.

2. cari beasiswa

di luar negeri banyak sekali beasiswa. seperti negara china ada beasiswa csc, beasiswa provinsinya, dan beasiswa kampusnya. jadi, kalian harus open minded. jangan hanya di beri asupan saja tatapi berlatihlah untuk mandiri. 

3. daftar lewat agen, beasiswa atau mandiri.

untuk berkuliah di luar negeri. kalian di berikan 3 opsi pilihan. yaitu lewart agen, dengan beasiswa atau mandiri. aku akan jelaskan yang opsi pertama. daftar lewat agen. karena kalau kita tidak teliti kalian akan ditipu oleh agen. 

kenali agen yang kalian gunakan dengan banyak cara dan dari banyak segi. contohnya, apakah agen ini sebelumnya sudah pernah mengirim calon mahasiswa. atau cari tahu lagi tentang agen ini dengan cara bertanya tanya ttg agen ini pada mahasiswa terdahulu yang mendafatar lewat agen tersebut. 

kemudian yang tak kalah penting. coba tanyakan administarasinya. apakah agen ini mendaftarkan kita untuk menerima beasiswa di sana atau kita membayar full tuition fee (biaya kuliah). karena ada sebagian agen yang bilang kalau bayar sendiri padahal setelah di bayar dan berkuliah di negara tujuan. ternyata itu merupakan beasiswa dari kampusnya sehingga uang yang kita gunakan membayar uang kuliah tadi di ambil sepenuhnya oleh agen. jadi mereka mendapatkan uang double yaitu dari uang kuliah kita dan juga dari uang upah mereka menjadi agen. jadi kalian harus benar benar teliti.

4. languange skill. 

untuk berkuliah di luar negeri minimal kalian harus bisa menggunakan bahasa mereka atau bahasa inggris. indikatornya bisa berupa certificate.

Selanjutnya, Tips buat kalian yang ingin bekuliah di luar negeri.

1. pelajari musim yang ada di negara tujuan.

kalian tidak ingin kan ketika kalian di sana menggunakan baju kaos oblong dengan celana pendek. dan ternyata, disana lagi musim salju.

2. pelajari seluk beluknya negara tujuan.

yang tak kalah penting adalah pelajari adat negara tersebut. pelajari norma norma yang ada disana. karena adat, norma dan prilaku itu pasti berbeda di bandingkan dengan negara indonesia. kalian bisa mencari di internet, melihat youtube, atau langsung tanyakan kepada teman kalian yang sudah berada disana. intinya banyak jalan menuju kampus impian.

3. cari beasiswa.

mugkin kalian berfikir, "aku nilainya pas pasan, apakah aku bisa mendapat beasiswa?" tentu saja bisa. karena kriteria untuk calon mahasiswa di luar negeri berbeda dibandingkan indonesia. dimana lebih menghargai skill baik berupa softskill ataupun hardskill dibandingkan academic. seperti kalian juara 1 tingkat provinsi ataupun international. pasti kalian bisa mendapatkan beasiswa. jangan patah semangat

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.