Keutamaan Taqwa dan Tawakkal
Keutamaan Taqwa dan Tawakkal
اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ وَفَّقَ
مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ
خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ
وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا شَبِيْهَ وَلَا مِثْلَ وَلَا نِدَّ لَهُ، وَلَا
حَدَّ وَلَا جُثَّةَ وَلَا أَعْضَاءَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا
وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا
عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ
وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَّالَاهُ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. أَمَّا بَعْدُ،
فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَمَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه
مَخْرَجًا، وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى
اللهِ فَهُوَ حَسْبُه، اِنَّ اللهَ بَالِغُ اَمْرِه قَدْ جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ
شَيْءٍ قَدْرًا (سورة الطلاق: ٢-٣).
Ma‘âsyiral muslimîn hafidhakumullâh,
Pada kesempatan yang sangat mulia ini, marilah kita sama-sama
meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, takwa dalam arti yang
sebenarnya yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Sebagaimana
kita tahu bahwa takwa adalah menjalankan seluruh kewajiban dan menjauhi semua
perkara yang diharamkan. Telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radliyallahu
‘anhuma bahwa ia berkata:
وَمَنْ
يَتَّقِ اللهَ يُنْجِهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
Maknanya: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan
menyelamatkannya di dunia dan akhirat. ”
Jadi, hadirin sekalian, takwa adalah sebab munculnya jalan keluar dari
berbagai macam kesulitan di dunia dan akhirat, sebab diperolehnya rezeki dan
sebab diraihnya derajat yang tinggi. Sebaliknya perbuatan-perbuatan maksiat
adalah sebab terhalangnya seseorang memperoleh jalan keluar, rezeki, dan
derajat tinggi di dunia dan akhirat. Rasulullah
saw bersabda:
إِنَّ
الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيْبُهُ
“Sesungguhnya seseorang akan terhalang dari suatu rezeki
sebab dosa yang dilakukannya. ” (HR al-Hakim, Ibnu Hibban dan lainnya).
Sebagian ulama mengatakan: “Perbuatan dosa akan menyebabkan seseorang
terhalang dari berbagai macam nikmat di dunia, seperti kesehatan, harta, atau
hilangnya berkah dari hartanya, atau menyebabkan seseorang dikalahkan dan
dikuasai oleh musuh-musuhnya. Dan terkadang seseorang melakukan sebuah dosa,
maka jatuhlah kedudukan dan martabatnya dari hati banyak orang. Allah SWT telah
menegaskan dalam Al-Qur’an:
وَمَنْ
يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ
Maknanya: “Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan
mencukupinya. ”
Tawakal adalah bergantung kepada Allah semata dan mengandalkan-Nya
dalam segala urusan, karena Allah subhanahu wa ta’ala adalah pencipta segala
sesuatu, pencipta manfaat dan mudarat. Tidak ada yang mengenakan bahaya dan
memberikan manfaat secara hakiki kecuali hanya Allah. Apabila seorang hamba telah
meyakini hal itu dan memantapkan hatinya terhadapnya serta selalu mengingatnya,
maka dia akan mengandalkan Allah dan berserah diri kepada-Nya dalam urusan
rezeki dan segala urusan yang lain serta akan menjauhi kecenderungan berbuat
maksiat, terutama ketika berada dalam kesulitan. Rasulullah saw bersabda :
لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى
اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ، لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ، تَغْدُو
خِمَاصًا، وَتَرُوحُ بِطَانًا
Maknanya: “Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar
tawakkal, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian seperti Ia
memberikan rezeki kepada burung. Burung-burung itu keluar di pagi hari dalam
keadaan perut kosong dan kembali ke sarang-sarangnya dalam keadaan perut yang
terisi penuh. ” (HR Ahmad, Ibnu Majah dan al-Hakim).
Ma‘âsyiral muslimîn hafidhakumullâh,
Tawakal tidaklah bertentangan dengan melakukan sebab, ikhtiar dan
usaha. Dalam Shahih Ibnu Hibban diceritakan bahwa ada seorang laki-laki berkata
kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Apakah aku melepas (tidak mengikat)
untaku dan bertawakal kepada Allah?. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda kepadanya:
اِعْقِلْهَا وَتَوَكَّلْ Maknanya: “Ikatlah dan bertawakkal-lah kepada Allah. ”
(HR Ibnu Hibban). Al-Baihaqi dalam
Syu’ab al-Iman meriwayatkan dari pimpinan para shufi, al-Junaid al-Baghdadi
radliyallahu ‘anhu bahwa ia berkata:
لَيْسَ
التَّوَكُّلُ الْكَسْبَ، وَلَا تَرَكَ الْكَسْبِ، التَّوَكُّلُ شَيْءٌ فِي
الْقُلُوبِ
Maknanya: “Tawakal bukanlah
bekerja atau tidak bekerja, tawakal adalah sesuatu yang adanya di hati. ”
Jadi inti dari tawakal adalah menyerahkan segala urusan kepada Allah
dan percaya penuh kepada-Nya disertai melakukan sebab, usaha dan ikhtiar.
Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman mengutip perkataan seorang ulama yang
menyatakan:
اكْتَسِبْ ظَاهِرًا وَتَوَكَّلْ
بَاطِنًا، فَالْعَبْدُ مَعَ تَكَسُّبِهِ لَا يَكُونُ مُعْتَمِدًا عَلَى
تَكَسُّبِهِ وَإِنَّمَا يَكُونُ اعْتِمَادُهُ فِي كِفَايَةِ أَمْرِهِ عَلَى اللهِ
عَزَّ وَجَلَّ
Maknanya: “Bekerjalah secara lahiriah dan bertawakal-lah kepada Allah
secara batin. Seorang hamba meskipun bekerja, ia tidaklah mengandalkan
pekerjaannya, akan tetapi dalam hal tercukupinya segala urusan, ia hanya
bergantung kepada Allah. ”
Ma‘âsyiral muslimîn
hafidhakumullâh,
Demikian khutbah yang singkat yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan
bermanfaat bagi kita semua. Amin ya robbal ‘alamin
بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ.
وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبِّلَ
الله مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنِّهُ هُوَاالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أقُوْلُ
قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ لَيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ
الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ
تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ
وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا
أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ
بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى
إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ
آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ
مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ
اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان
وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي
التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ
بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ
وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ
اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ
عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ
خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى
يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ
وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا
وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ
اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا
ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ
مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ
وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ
وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ
اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ
اللهِ أَكْبَرْ
Post a Comment